Monday, February 27, 2017

Kerja Bakti Pembuatan Papan Nama Blok

Gotong Royong yuk !!!

Ini adalah Project Ke-1 kami yaitu Pembuatan Papan Nama Blok.

Kalau mendengar kata Gotong Royong sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Gampang menyebutnya namun sulit untuk mengerjakannya. Sebenarnya gampang asalkan ada niatan dan peduli terhadap lingkungan kita pasti bisa.

Flashback kebelakang sebentar ya, ini awal mula terjadinya Papan Nama Blok

Ini adalah pergerakan pertama kami setelah terbentuknya RT 009 RW 021. Kami selaku pengurus mengadakan rapat bersama, dengan berbagai masukan, ide dari setiap orang kita tampung semua. Namun kami mempunyai kendala dalam keuangan, dikarenakan RT kami baru terbentuk dan tidak mempunyai Uang Kas RT. Sesuai dengan semangat kami, kami memberikan beberapa perubahan di kepengurusan kami yang baru. Program RT adalah hal yang paling utama untuk menuju perubahan yang lebih baik. 

Kami belajar dari pengalaman yang sudah lalu, agar di kepengursan yang baru tidak terulang kembali. Kami tidak akan memungut iuran kepada warga selain besaran wajib tiap bulan yaitu 27.000 rupiah. Bagaimana caranya kita bisa hidup dengan uang 27.000 rupiah dan program tetap jalan. Itu bisa kita lakukan dengan cara Kebersamaan / Team Solid.

Diawal bulan pertama penarikan bulanan, kita langsung Memanage Keuangan secara terperinci. Kita bereskan dulu pengeluaran rutin untuk bayar Keamanan, Sampah, dan lain-lain. Dari pengeluran tersebut ada sisa uang yang akan kita gunakan untuk perjalanan hidup RT 009 yaitu Program Kerja RT 009. Prinsipnya adalah Uang Kas Kosong tidak mengapa asalkan RT 009 lebih maju dan berjalan sesuai dengan ritmenya. Jangan sampai Uang habis Program Tidak ada yang jalan, kalaupun jalan uang tarikan warga bukan dari uang pokok bulanan yang di kelola, itu salah besar.

Kenapa kita memilih Papan Nama Blok sebagai Program pertama kami, karena dilihat dari segi keuangan kita, Papan Nama Blok paling tepat dan pengeluaran keuangannya lebih sedikit dibandingkan dengan program yang lainnya.

Mungkin ini sudah jelas dari mana alokasi dana untuk menjalankan Program Kerja RT 009 yaitu dari uang bulanan warga yang di titipkan kepada pengurus untuk kemajuan bersama.

Lanjut ke Papan Nama Blok lagi ya...   :)

Bahan untuk pembuatan Papan Nama Blok yaitu Baja Ringan, Akrilik, Pilok, Mal Huruf, dan pendukungnya.

Berikut ini Dokumentasi Gotong Royong Papan Nama Blok 16 Juni 2016.









5 comments: