Thursday, March 30, 2017

Kerja Bakti Pembuatan Tong Sampah - Sessions 2

Kita lanjutkan program kita. Pembahasan masih sama seputar pembuatan Tong Sampah.
Tahap berikutnya adalah Pembuatan kaki atau penyangga Drum. Untuk kaki tong sampah ini kita menggunakan Besi Holo sebagai bahannya, yang akan di potong sesuai dengan ukuran drum tersebut, dan di pastikan drum bisa bergerak bebas dan berayun 30 derajat. Berikut adalah proses pemotongan dan penghalusan besi holo, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.




Setelah proses pemotongan besi holo selesai, selanjutanya adalah proses pembuatan Mal. Mal di gunakan untuk mempercepat proses pekerjaan, hanya sekali pengukuran maka bisa di gunakan untuk perakitan/pembuatan yang selanjutnya nanti. Berikut adalah proses pembuatan Mal, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.



Setelah pembuatan Mal selesai, tahap selanjutnya adalah proses Pengelasan/Las. Pengelasan pertama hanya sedikit saja, cukup untuk menempelkan masing-masing besi yang sudah di potong. Seperti gambar di bawah ini.


Kemudian setelah pengelasan yang pertama (sedikit) selesai, selanjutnya ke tahap pengelasan kedua yang permanen supaya besi bisa menahan beban dari tong sampah tersebut. Berikut adalah proses pengelasan yang kedua.





Proses pembuatan kaki untuk tong sampah sudah selesai. Bentuk kaki tong sampah menyerupai huruf H.

Ok sampai disini dulu untuk tahap selanjutkan akan kita bahas kembali di sesi berikutnya. Terima kasih



0 comments:

Post a Comment