Wednesday, March 29, 2017

Tong Sampah

Meningkatnya jumlah penduduk khususnya warga RT.009 RW.021 Perumahan Kirana Cikarang Desa Telaga Murni Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi yang cukup tinggi saat ini, sangat berpengaruh besar terhadap peningkatan volume dan jenis sampah yang dihasilkan. Berdasarkan data yang ada, rata-rata volume sampah yang dihasilkan setiap minggu mencapai 1~2 truck pengangkut sampah.

Dari volume sampah yang di hasilkan setiap harinya dari masing-masing rumah, menimbulkan masalah baru di lingkungan RT.009 RW.021 Khususnya. Kondisi saat ini yang ada di lingkungan kami untuk tempat penampungan sampah sementara sebelum diangkut yaitu Tong sampah (Menggunakan bekas Bak Penampungan Air).


Tempat Sampah (Bekas penampungan air)

Seperti terlihat pada gambar diatas kondisi tempat sampah saat ini tidak layak untuk di gunakan sebagai tempat penampungan sampah sementara. Dilihat dari bahannya tempat sampai yang sekarang mudah rapuh jika terkena matahari dan hujan. Selain itu juga jika kondisi cuaca di musim hujan tong sampah kondisinya tidak tertutup yang dapat menimbulkan sampah menjadi membusuk dan bau, kondisi ini sangat tidak bagus untuk kesehatan di lingkungan kami RT.009 RW.021 Perumahan Kirana Cikarang.

Adapun maksud dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk peduli terhadap lingkungan dan kesehatan khususnya di lingkungan kami RT.009 RW.021 Peruma Kirana Cikarang.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk:
  1. Meningkatkan kebersihan dan menghindari dampak negatif dari banyaknya sampah.
  2. Meningkatkan kesadaran warga akan peduli terhadap lingkungan dalam jangka panjang.
  3. Sebagai upaya untuk membangun kesadaran generasi pelanjut dalam melanjutkan pembangunan di lingkungan.

PEDULI LINGKUNGAN

Jika keuangan menjadi kendala bagi kami dalam menjalankan program itu adalah hal yang wajar karena kami baru terbentuk dan mencoba untuk bangkit. Jadikan kekurangan sebagai salah satu motivasi untuk terus maju dan berkembang. Program Tong Sampah tetap berjalan, bagaimana caranya? 

Kami mencoba melakukan kerjasama dengan sebuah perusahaan untuk melakukan program yaitu Program Peduli Lingkungan. Perusahaan yang kami pilih adalah PT. LG Electronics Indonesia dimana ada beberapa warga yang bekerja di perusahaan tersebut. Kami mencoba melakukan pendekatan ke pihak manajemen perusahan tersebut terkait Program Peduli Lingkungan dengan maksud pengajuan Proposal. Pengajuan proposal berjalan 2 minggu sampai akhirnya di setujui semua bagian.

Yang kami ajukan adalah berupa limbah produksi yaitu Drum Oil. Drum Oil ini digunakan untuk mesin Dies/Press di produksi AC. 

Program ini berjalan pada Bulan Oktober 2016 sampai dengan sekarang. 

0 comments:

Post a Comment